RSS

VirtualBox

15 Apr

Pernah mendengar terminologi virtualisasi? Tertarik mengetahui apa itu virtualisasi? Ingin mencoba software virtualisasi? Tulisan ini akan mencoba membantu anda.

Ada satu hal yang menyulitkan saat kita hendak belajar mengeksplorasi OS yaitu instalasi. Berbeda dengan software aplikasi biasa semisal word prosesor atau game, instalasi OS memerlukan langkah yang lebih kompleks dan waktu yang lebih lama. Harus melakukan partisi, format, mencari media instalasi dan sebagainya. Kesalahan instalasi OS dapat berdampak pada hilangnya data di hardisk. Bayangkan ketika anda ingin mencoba belajar menginstal FreeBSD di hardisk yang penuh dengan data penting. Sedikit salah melakukan partisi dan data-data penting itu hilang seluruhnya.

Virtualisasi hadir menyelamatkan kita. Sebuah teknologi software fenomenal yang pernah ada. Virtualisasi adalah upaya menghadirkan lingkungan hardware komputer “bohong-bohongan” di atas OS tertentu. Terminologi penting dalam virtualisasi adalah host OS ,guest OS dan Virtual Machine. Host OS adalah OS yang diinstal di atas hardware komputer sesungguhnya. Di atas host OS kita akan menginstal guest OS, yaitu OS yang diinstal di komputer “bohong-bohongan” tadi. Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa kita telah menipu guest OS seakan-akan mereka diinstal di komputer betulan. Hal yang hebat dari virtualisasi, lingkungan hardware yang diciptakan benar-benar menyerupai aslinya. Lingkungan hardware itu disebut dengan virtual machine. Virtual Machine dapat memiliki CD room, hardisk, flash disk, sound card, network interface seperti komputer sesungguhnya.

“Oke saya tertarik. Bagaimana memulainya?” Download salah satu software virtualisasi dan anda dapat langsung mencoba proses virtualisasi. Ada banyak sekali software virtualisasi saat ini, mulai dari yang open source hingga proprietary, mulai dari yang gratis hingga yang mahal, dari yang canggih hingga yang sederhana, mulai dari yang sulit hingga yang mudah. Untuk menyebut nama diantaranya VMWare, VirtualBox, Xen, Boch dan sebagainya. Untuk yang tertarik mencoba bisa mulai dari VirtualBox.

Baca selengkapnya disini

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 15 April 2011 in Open Source Software

 

3 responses to “VirtualBox

  1. xiphiet

    15 April 2011 at 20:55

    mantep tutorny gan😀

    posting di doscom.org juga donk…😉

     
  2. Sya

    28 Juni 2011 at 12:39

    Aduh gaptek saya, nda mudeng😀

     
    • ulilupil

      28 Juni 2011 at 19:24

      sini sini diajarin,😉

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: